Cara stek pohon serut menggunakan bawang merah sebagai perangsang akar

Cara stek pohon serut menggunakan bawang merah sebagai perangsang akar -  Serut atau Streblus Asper adalah tumbuhan liar yang populer dijadikan tanaman hias di taman dan juga untuk dijadikan bonsai. Pohon serut memiliki karakter batang yang keras, daun kecil dan bisa berumur panjang, dan kriteria yang demikian ini sangat memadai untuk dijadikan bahan bonsai.

Pohon serut di alam liar sekarang ini banyak diburu para penghobi bonsai yang tentu saja untuk membuat bonsai. Cara membuat bonsai serut bisa dibilang cukup mudah dan tidak memerlukan perawatan yang njlimet. Selain bagus, harga bonsai serut juga sangat fantastis.

Cara budidaya pohon serut bisa dilakukan dengan cara semai biji, cangkok, menanam dongkelan dari alam ataupun dengan cara stek batang. Nah kali ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana cara menanam stek serut menggunakan bawang merah sebagai perangsang akar.

Bawang Merah Sebagai perangsang akar


Pada dasarnya, setiap tanaman memiliki kandungan zat perangsang akar masing - masing namun dalam jumlah yang terbatas. Begitu juga dengan pohon serut. Dan untuk mengatasi keterbatasan itu kita bisa mensuplainya dengan menambahkan perangsang akar alami yaitu dengan bawang merah.

Kami sudah menguji apakah bawang merah bisa digunakan sebagai perangsang akar untuk stek pohon serut atau tidak ( lihat videonya di bawah ). Kami stek pohon serut menjadi 5 batang. Yang 3 batang memakai bawang merah dan yang 2 batang tidak.

Setelah 10 hari batang yang kami olesi bawang merah sudah mulai trubus (tumbuh tunas) dan yang 2 batang tidak diolesi bawang merah sama sekali belum menunjukkan adanya tanda tanda kehidupan.

Dan kami mengambil kesimpulan bahwa bawang merah bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar dan tunas pada pohon serut. Cara penggunaan bawang merah ini cukup mudah dan relatif lebih murah daripada harus membeli obat perangsang akar.

Apalagi banyak temen temen yang bingung mau beli obat perangsang akar dimana karena di beberapa daerah memang cukup sulit untuk menemukan penjual obat perangsang akar. Nah menggunakan bawang merah ini bisa menjadi solusi terbaik.

Cara membuat ekstrak bawang merah untuk perangsang akar:

1. Ambil bawang merah secukupnya lalu kupas.
2. Haluskan bawang merah yang sudah dikupas(boleh pakai blender)
3. Saring ambil airnya, itulah yang disebut ekstrak bawang merah.
4. Oke selesai, ekstrak bawang merah sudah siap digunakan.

Dan untuk cara menggunakan ekstrak bawang merah pada stek pohon serut ini silahkan simak langkah - langkah berikut ini.

Cara stek pohon serut

Cara stek pohon serut menggunakan bawang merah sebagai perangsang akar

1. Potong bagian batang serut yang ingin ditanam. Jika memotongnya menggunakan gorok / gergaji, usahakan bagian calon tumbuh akar di buat agak meruncing dengan golok atau sejenisnya. Intinya menghilangkan bagian bekas gergaji

2. ( a ) Rendam bagian batang serut yang nantinya bakal calon tumbuh akar pada ekstrak bawang merah kurang lebih 6 jam.

( b ) Oleskan ekstrak bawang merah di bagian calon tumbuhnya akar dan tunas.

(Kami pakai cara b dan berhasil)

3. Tancapkan batang serut ke media tanam yang sudah disiapkan. Bisa pakai tanah murni saja yang penting jangan dicampur pupuk, karena pupuk sifatnya panas dan bisa menyebabkan pembusukan pada batang.

4. Siram dengan air secukupnya.

5. Sungkup dengan plastik bening untuk mengurangi penguapan.

6. Taruh di tempat teduh jangan terkena sinar matahari langsung.

Kami sudah menerapkan cara di atas dan seminggu kemudian serut sudah mulai tumbuh tunas. Agar lebih jelasnya silahkan video berikut sampai selesai.




Hasilnya bisa dilihat di sini

Untuk melihat video informatif lainnya silahkan kunjungi dan SUBSCRIBE channel Youtube kami GK Daily.

Itulah cara stek pohon serut menggunakan bawang merah sebagai perangsang akar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Tengah Artikel 1