Cara mengamankan smartphone dari virus dan dari tangan jail

Smartphone menyimpan banyak data dan privasi anda. Seperti kata sandi akun, data atau file pribadi yang keberadaanya anda rahasiakan dari orang lain.

Tentunya anda tidak ingin semua itu jatuh ketangan orang lain yang bisa saja pada akhirnya berujung dengan penyalah gunaan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melindungi data dan privasi termasuk melindungi handphone anda dari serangan virus malware yang nakal atau bahkan saat handphone anda hilang atau dicuri orang.

Nah berikut ini kami akan memberikan 10 tips untuk membantu mengamankan smartphone anda dari virus dan dari tangan-tangan jail.

Tips hp android

10 tips untuk menjaga smartphone anda agar tetap aman


1. Perbarui Perangkat Lunak.

Penting untuk terus memperbarui perangkat lunak smartphone Anda disetiap ada pembaruan. Apakah Anda menggunakan sistem operasi Android, Windows atau iOS, setiap interface memiliki opsi peningkatan perangkat lunak sendiri.

Pembaruan perangkat lunak hadir dengan versi perbaikan dari versi sebelumnya. ini berarti versi perangkat lunak yang baru tentu akan lebih baik termasuk dari segi keamanan.

Penting untuk memeriksa atau mengijinkan smartphone melakukan pembaruan perangkat lunak otomatis. Karena ini akan membantu dalam memperbarui otomatis smartphone Anda dengan versi terbaru.

2. Kunci Layar dengan sensor sidik jari atau sensor wajah

Beberapa tipe smartphone telah tersedia fitur untuk mengunci smartphone degan sensor wajah. Fitur ini adalah teknologi terbaru yang diperkenalkan di smartphone dan tablet untuk keamanan pelanggan. Ini akan membantu dalam mengamankan data Anda.

Atur wajah Anda sebagai kata sandi Anda dan setiap kali Anda menunjukkan wajah Anda ke smartphone itu akan mengenali dan membuka perangkat Anda.

Jika smartphone anda belum suport sensor wajah anda masih bisa menggunakan sensor sidik jari. Dan jika itupun belum suport, gunakan kunci layar dengan pola yang agak rumit agar tidak sembarang orang bisa membuka smartphone anda.

3. Instal dan Perbarui Aplikasi Anti-Virus yang dapat dipercaya

Salah satu faktor yang mengancam adalah kehilangan data pribadi Anda melalui aplikasi anti-virus yang tidak begitu penting. Sangat penting untuk mengunduh aplikasi anti-virus yang dapat diandalkan.

Aplikasi anti-virus membantu menjaga data Anda tetap aman dan tidak membocorkan informasi pribadi Anda - meskipun masih ada efek buruk bagi aplikasi ini.

Sebenarnya anda juga tidak terlalu penting untuk mengintal aplikasi anti virus. Dengan catatan anda menggunakan smartphone secara bijak. Hanya menginstal aplikasi resmi dari Play store untuk android dan App store untuk iPhone. Jangan menginstal aplikasi apapun dari sumber yang tidak resmi.

4. Selalu unduh aplikasi dari platform tepercaya

Pastikan untuk mengunduh aplikasi hanya dari platform resmi. Untuk ponsel android, ada platform utama Google Playstore yang merupakan platform aman dan tidak memungkinkan pihak ketiga untuk meretas informasi Anda. Dan di Apple memiliki toko Apple sendiri yang ketat dalam kebijakan keamanan dan privasi.

5. Jangan pernah Root atau Jailbreak Smartphone

Selalu berhati-hati ketika menyangkut keamanan data pribadi Anda yang tersimpan di smartphone atau tablet Anda. Melakukan jailbreaking iPhone atau rooting Android Anda dapat berubah menjadi bencana dan sangat berbahaya. Mengubah ponsel Anda melalui teknik rooting atau jailbreaking pihak ketiga ini dapat mendekripsi data Anda.

Baca juga: Cara mengatasi Android yang lemot hanya dalam waktu dua menit

6. Gunakan pola dan kata sandi asimetris

Selalu atur pola dan password yang sulit untuk kunci telepon Anda, ini agar tidak ada orang yang membuka handphone anda sehingga data dan file anda tetap aman.

7. Sandi untuk aplikasi

Jika anda tidak ingin semua pesan pribadi anda dibaca teman atau saudara anda, Disarankan untuk menerapkan lapisan keamanan kedua dengan mengatur kata sandi untuk pesan teks dan gambar Anda, atau di aplikasi manapun yang bagi anda itu sangat rahasia.

8. Aktifkan pengaturan lokasi

Ini adalah salah satu hal terbaik yang harus dilakukan jika Anda ingin mendapatkan kembali smartphone Anda yang hilang atau dicuri. Lokasi terakhir smartphone Anda dapat dideteksi jika pengaturan lokasi selalu aktif.

9. Pastikan smartphone terkunci secara otomatis

Pastikan ponsel Anda terkunci secara otomatis setelah 15-20 detik. Jadi jika ponsel Anda dicuri, itu secara otomatis akan dikunci dan hanya anda yang bisa membukanya jika anda sudah menerapkan beberapa tips diatas.

10. Selalu periksa izin aplikasi

Kecerdikan aplikasi saat ini adalah mereka membutuhkan lebih banyak izin yang seharusnya tidak mereka butuhkan. Seperti mereka meminta izin untuk menggunakan beberapa gambar Anda atau "mengirim atau menerima pesan teks". Waspadalah terhadap aplikasi semacam itu.

Itulah 10 tips untuk mengamankan smartphone dari virus jahat dan dari tangan jail. semoga bermanfaat

Iklan Tengah Artikel 1