Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S8

Spesifikasi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S8 - Sebagai perangkat high end selain fiturnya yang super keren, harganya pun terbilang sangat tinggi karena Galaxy S8 merupakan smartphone premium Samsung. Samsung Galaxy S8 mempunyai layar 5,8 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Perangkat premium Samsung ini memiliki dukungan LTE dengan akses jaringan 3G / 2G juga. Galaxy S8 menjalankan Android 7.0 (nougat) sedangkan prosesnya digerakkan dengan prosesor octa-core dengan ROM 64GB dan RAM 4GB.

Dibagian kamera, Samsung Galaxy S8 memiliki kamera belakang 12MP dan kamera depan 8MP sedangkan Iris Scanner dan pemindai sidik jari juga dapat diakses di Galaxy S8. Didalamnya tertanam baterai 3000 mAh.

Seperti kita ketahui bersama bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan kualitas tampilan Samsung karena mereka selalu memberikan sistem pendukung tampilan terbaik. Begitu banyak perusahaan yang mencoba mengalahkan level display Samsung namun tidak ada yang bisa, jadi di Samsung Galaxy S8 mereka memberi resolusi full HD 1080 x 1920 pixel.

Samsung Galaxy S8 memiliki kerapatan 480 dpi untuk kejernihan ikon dan teks dan ini memberi tampilan fantastis dalam kategori warna, ketajaman, kecerahan, dan kontras. S8 juga menyediakan resolusi 2960 x 1440 piksel yang bisa kita atur di menu setting.

Samsung Galaxy S8 mendukung kartu grafis Mali-G71 yang pada dasarnya digunakan dalam game 3D dan multitouch telah mencetak 10 poin penuh di dalamnya.


Desain Samsung Galaxy S8:
Samsung Galaxy S8 memiliki dimensi 148,9 x 68,1 x 8 mm sedangkan bobotnya 158 gram. Bobotnya sangat ringan dan mudah digenggam meski membawa baterai tetap 3000 mAh.

Bagian depan bodi Samsung Galaxy S8 memiliki ear piece, sensor, dan kamera selfie depan 8MP. Ear piece ditandai di sisi tengah sementara bodi adalah bentuk yang berujung penuh. Sedangkan sisi atas memiliki lensa kamera belakang dengan dual LED flash light dan sensor sidik jari. Sedangkan nama Samsung terpasang di sisi tengah.

Kamera Samsung Galaxy S8:
Samsung Galaxy S8 memiliki kamera belakang 12MP dan kamera depan 8MP. Kamera belakang memiliki lampu senter dan kamera depan memiliki lampu flash layar. Kamera bisa merekam video dengan kecepatan penuh 1080 piksel.

Kamera Belakang Samsung Galaxy S8:
Kamera belakang Samsung Galaxy S8 memiliki lensa 13MP dengan lampu flash LED. Ini bisa merekam video secara penuh 1080 x 1920 piksel yang berarti mendukung sistem full HD. Modus utama kamera belakang adalah Auto, Pro, Panorama, selang Hyper, HDR, Night, virtual shot, fokus selektif, dan makanan.

Modus pro memberi kita pilihan kamera profesional seperti pengaturan Paparan, pengaturan ISO, dan White Balance. Selang hiper adalah teknik time-lapse dimana posisi kamera sedang berubah antara eksposur untuk membuat tunas baru. High Dynamic Range (HDR) dalam nada kaya juga dapat diakses oleh pengguna Samsung Galaxy S8.

Beberapa wajah lucu juga tersedia di Samsung S8. Hal ini mirip dengan wajah yang harus kita lihat dalam cerita Snapchat dan Instagram. Fitur ini sangat baru dan menarik karena respon positifnya yang masif.

Kamera belakang ini memiliki beberapa fitur seperti ukuran sensor 1 / 2,5 ", ukuran piksel 1,4 μm, geo-tagging, video 4K simultan dan perekaman gambar 9MP, fokus sentuh, deteksi wajah / senyuman, HDR Otomatis, dan panorama.

Kamera Depan Samsung Galaxy S8:
Kamera depan Samsung Galaxy S8 tidak kalah keren dengan kamera belakang karena memiliki lensa 8MP dengan lampu kilat layar. Kamera depan dengan lensa 8MP adalah penemuan baru dan kuat dari Samsung yang selanjutnya dapat merekam video dengan kecepatan 1080 piksel penuh.

Selfie camera memiliki banyak mode yang berbeda seperti maple, cream, deep, memory, dan forest, cozy dan classic. Kamera Depan adalah kamera selfie yang sempurna untuk pecinta selfie karena eksposur, lampu, dan keakuratan warna semuanya sempurna di Samsung Galaxy S8.


Baterai Samsung Galaxy S8:
Di dalam Samsung Galaxy S8 tertanam baterai Li-ion 3000 mAh. Baterai ini akan terisi penuh dalam waktu hampir satu jam dan 15 menit dengan pengisi daya cepat (fast charging). Ini memberi kita penggunaan waktu bicara 9-10 jam dan pemakaian siaga 18-19 jam.

Jaringan / Konektivitas Samsung Galaxy S8:
Samsung Galaxy S8 mendukung jaringan 4G, 3G dan juga 2G. Standar pendukung Wi-Fi adalah 802.11 a / b / g / n / ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot. Sedangkan Bluetooth mendukung 5.0, A2DP, LE, aptX. Samsung S8 tidak memiliki Radio FM sementara 3.1, konektor reversibel Tipe-C 1.0 dapat diakses untuk pengisian dan transfer data. Ini juga mendukung kabel OTG.

Memori Samsung Galaxy S8:
Samsung Galaxy S8 memiliki RAM 4GB dan ROM 64GB yang bisa ditingkatkan dengan kartu memori hingga 256GB. Kartu memori tidak memiliki kartu memori terpisah sehingga kartu memori tersebut harus menggunakan slot SIM 2.

Apa itu RAM dan ROM?

Antarmuka Samsung Galaxy S8:
Samsung Galaxy S8 memiliki layar AMOLED 5,8 inci dengan layar full HD. Perangkat Android ini juga memiliki versi nougat 7.0 terbaru. Selain itu, ia memiliki sensor sidik jari yang cepat yang mengenali sidik jari di bawah sedetik. Selain itu, layar kunci memiliki wallpaper yang muncul sepanjang waktu yang menunjukkan persentase tanggal, waktu dan baterai.

Di sisi lain, layar utama memiliki Google search bar yang diletakkan sedikit di tengah layar. Layar utama memiliki 1 kolom yang terdiri dari 4 ikon yang ditetapkan secara default.

Prosesor Samsung Galaxy S8:
Samsung Galaxy S8 dimotori dengan Octa-core canggih (4 × 2.3 GHz & 4 × 1.7 GHz) yang berbasis pada arsitektur ARM-Cortex A53. Chipset Exynos 8895 adalah fitur yang juga mendukung display Full HD 1080p, bersamaan dengan perekaman video dan pemutaran Full HD.

Berikut ini ringkasan spesifikasi Samsung Galaxy S8


Samsung Galaxy S8
Brand Samsung
Jaringan HSPA, EDGE, 4G LTE
SIM Single SIM (Nano SIM) / hybrid dual SIM
Dimensi 148,9 x 68,1 x 8 mm, 
Berat 155 gram
Body Corning Gorilla Glass 5 back panel
Fitur - IP68 certified - dust / water proof over 1,5 meter and 30 menit
Layar - 5,8 inchi, Super AMOLED capacitive Touchscreen, 16M colors
- Resolusi 1440 x 2960 pixels
- Kerapatan 570 ppi
- TouchWiz UI
- Corning Gorilla Glass 5
- Always-on display
- 3D Touch (home button only)
Sistem operasi  OS Android 7.0 (Nougat)


Chipset Exynos 8895 Octa
CPU Octa-core (4x2.3 GHz & 4x1.7 GHz)
GPU Mali-G71 MP20
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Memori Eksternal  MicroSD up to 256 GB
Kamera belakang - Dual 12 MP, f/1.7, Phase detection autofocus, OIS, LED flash
- video: 2160p@30fps, 1080p@60fps, HDR
Kamera depan 8MP, f/1.7, autofocus, 1440p@30fps, Dual Video Call, auto HDR
Konektivitas - WIFI 802.11 a/b/g/n/ac
- WIFI hotspot
- NFC
- Bluetooth v5.0, A2DP, LE,
- GPS - A GPS, GLONASS
- USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector
Sensor Iris Scanner, fingerprint (rear mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
Baterai - Li-Ion 3000 mAh
- Non-Removable
Warna Midnight Black, Maple Gold, Orchid Gray, Coral Blue, Arctic Silver

Kelebihan Samsung Galaxy S8
  • Desain mewah dengan bezelless yang mencirikan smartphone flagship kekinian.
  • Layar 5,8 inchi super AMOLED memberi tampilan yang tajam dan memukau
  • Sudah dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 
  • Dari segi keamanan sudah dilengkapi dengan fingerprint scanner dan iris scanner.
  • Kapasitas ruang penyimpanan luas yaitu 64 GB dan masih bisa diperluas dengan kartu memori hingga 256 GB
  • Performa kuat dengan Chipset Exynos 8895, octa core dan GPU Mali-G71
  • Dilengkapi dengan asisten digital Bixby
  • Baterai berkapasitas 3000 mAh mampu bertahan lama dan dilengkapi dengan fast charging.
Kekurangan Samsung Galaxy S8
  • RAM hanya 4 GB
  • Slot Simcard hibryd sehingga Dual SIM tidak bisa hidup bersamaan.
  • Baterai Non-removable

Itulah review Samsung Galaxy S8 semoga bisa menjadi referensi buat anda sebelum membeli smartphone tersebut. Harga yang tercantum pada tabel hanyalah harga perkiraan, bisa saja berbeda dengan harga yang diberikan di toko-toko smartphone. Ketahui secara detail spek smartphone sebelum anda membelinya, agar tidak menyesal dikemudian hari.

Iklan Tengah Artikel 1