Cara reset ulang hp android paling cepat dan mudah

Cara mengatur ulang data pabrik / Factory reset hp android - Terkadang ponsel berhenti merespon perintah atau ngeblank tanpa sebab yang jelas. Jika sudah seperti ini, biasanya bisa diperbaiki dengan me-restart atau reboot ponsel. Ini akan memberi awal yang baru pada ponsel.

Dan secara teori, semua foto, aplikasi dan pengaturan akan tetap utuh. Cara restart hp android cukup mudah. Tahan tombol Power selama 30 detik dan smartphone anda akan restart sendiri. Atau bisa juga dengan menekan tombol power hingga muncul pilihan menu, lalu pilih mulai lagi / Restart.

Tapi jika ponsel terus menerus mengalami masalah seperti ini, anda mungkin perlu melakukan reset data pabrik. Tindakan ini akan menghapus semua data termasuk pengaturan yang anda buat, namun biasanya akan memperbaiki masalah yang lebih besar yang tidak bisa teratasi hanya dengan me-restart ponsel.


Cara mengatur ulang data pabrik / factory reset hp Android

Jika sudah me-restart ponsel tapi ponsel masih sering bermasalah, mungkin yang harus anda lakukan adalah mencoba reset data pabrik. Reset data pabrik Ini akan mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan pabriknya.

Cara paling mudah untuk melakukan factory reset adalah dengan melalui menu Settings, tapi jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa mereset di Recovery Mode. Berikut ini adalah petunjuk untuk keduanya.

Cara Reset ulang hp Android dari menu Settings


Peringatan: proses ini akan menghapus semua data dari penyimpanan internal perangkat Anda, termasuk file pribadi seperti foto, video, lagu dan lain-lain. Jadi, pastikan untuk mencadangkan semua data ponsel anda sebelum melakukan reset data pabrik.

Cara reset ulang hp android ini berlaku untuk semua merk hp, seperti Samsung, oppo, Asus, Lenovo, Xiaomi, LG dll. hanya saja terkadang namanya tidak sama persis.

Di menu Settings, cari Backup & reset (cadangkan & Reset), lalu tekan Factory data reset dan Reset phone ( beda merk ponsel mungkin akan berbeda pula namanya tapi artinya kurang lebih sama). lalu anda akan diminta memasukkan kode sandi lalu menghapus semuanya .
Setelah selesai, pilih opsi untuk me-reboot ponsel Anda.

Pengaturan> Cadangkan & Reset> Reset data pabrik> Reset Phone> masukkan sandi> Hapus semua> Reboot ponsel

Cara reset ulang hp Android di Mode Pemulihan / recovery mode

Jika ponsel Anda ngeblank parah hingga tidak bisa merespon perintah sama sekali sehingga anda tidak dapat membuka menu Settings, Anda dapat me-reset di Recovery Mode. Yaitu dengan menggunakan tombol samping pada telepon Anda. caranya sebagai berikut.

Peringatan: Jika memungkinkan, cadangkan data ponsel Anda terlebih dahulu, karena proses ini akan menghapus semua data dari penyimpanan internal ponsel Anda.


1. Matikan ponsel.

2. Tekan dan tahan tombol Volume turun, pada saat yang bersamaan, tekan dan tahan tombol Power sampai telepon menyala.

3. Anda akan melihat kata Start , lalu tekan Volume turun sampai mode Recovery disorot.

4. lalu tekan tombol Power untuk memulai recovery mode. Seharusnya anda akan melihat robot Android sekarang.

5. Setelah berada dalam mode Recovery, tekan dan tahan tombol Power, dan pada saat yang bersamaan, tekan tombol Volume naik sekali, lalu lepaskan tombol Power.

6. Tekan Volume ke bawah sampai Wipe data / factory reset disorot, kemudian tekan tombol Power untuk memilihnya.

7. Setelah selesai, tekan tombol Power untuk memilih sistem Reboot sekarang .

Sampai di sini smartphone android anda seharusnya sudah selesai di reset ke pengaturan pabrik sehingga akan tampak seperti baru. Namun jika smartphone masih mengalami masalah blank atau sebagainya, silahkan dibawa ke konter mungkin memang ada masalah serius pada smartphone anda sehingga harus di servis. sekian tips and tricks tentang cara mengatur ulang hp android ke pengaturan pabrik. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Iklan Tengah Artikel 1