Apa itu RAM dan ROM ? Ini penjelasannya

Pengertian dan perbedaan RAM dan ROM - Semua smartphone hadir dengan jumlah memori tertentu dan ini adalah salah satu poin penting yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin membeli smartphone baru. Ada dua jenis memori yaitu: RAM (langsung) dan ROM (internal).

RAM biasanya memiliki kapasitas lebih kecil dan membantu prosesor untuk memiliki semua informasi yang dibutuhkannya dengan cepat agar bisa berjalan.

Sedangkan ROM atau memori internal lebih mirip memori jangka panjang dan ini adalah tempat dari seluruh sistem operasi dapat diinstal termasuk aplikasi dan file. Berikut pembahasannya.

Apa itu RAM


Untuk memahami apa RAM itu, Anda perlu tahu apa singkatan dari RAM terlebih dahulu. RAM singkatan dari Random Access Memory. dinamakan demikian karena bisa dibaca dan ditulis pada titik apapun tanpa perlu menunggu dalam antrian proses.

Ini mempercepat pencarian informasi karena, tidak seperti ROM atau microSD, lokasi fisik dimana data disimpan dapat diakses dengan mudah.

RAM adalah tempat semua perangkat perlu dijalankan, yaitu sistem operasi, aplikasi yang digunakan dan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

RAM adalah tempat prosesor menerima informasi yang dibutuhkan secara langsung. Oleh karena itu, RAM dan prosesor terkandung dalam modul tunggal (tidak dapat dibagi) yang disolder langsung ke motherboard.

Semakin besar RAM yang dimiliki sebuah smartphone, maka akan semakin baik performa dan semakin cepat kinerja ponsel tersebut, namun ini juga akan tergantung pada jenis memori dan kualitas build dari ponsel.

RAM hanya berfungsi saat perangkat dihidupkan, yang berarti bahwa jenis memori ini tidak dapat menyimpan informasi begitu perangkat dimatikan. Inilah sebabnya mengapa ada sedikit penundaan saat Anda menghidupkan smartphone. Karena saat anda baru saja menghidupkan smartphone, sistem membutuhkan waktu beberapa saat untuk me-load RAM.

Baca juga: 10 Aplikasi android terbaik untuk menghasilkan uang

Jenis RAM

Ada banyak jenis RAM dan itu bisa menjadi sangat kompleks. Secara umum, perbedaan utamanya adalah kecepatan membaca dan konsumsi daya. Setiap generasi baru memiliki kapasitas lebih dibandingkan generasi sebelumnya, yakni lebih cepat dan lebih sedikit mengkonsumsi daya.

Di smartphone, digunakan tipe khusus RAM yang disebut LPDDR. Saat ini, RAM yang paling umum digunakan adalah LPDDR2, LPDDR3 dan LPDDR4. Ini adalah tiga generasi terakhir dari jenis memori untuk perangkat mobile. Perbedaan utama antara masing-masing adalah bahwa dengan setiap generasi baru, kecepatan transmisi dua kali lipat.

Apa itu ROM


ROM adalah Read Only Memory. Data yang tersimpan dalam ROM tidak dapat diubah. Pada generasi yang lebih baru, seperti EPROM atau Flash EEPROM (flash memory), kontennya bisa dihapus dan ditulis ulang berkali-kali, namun tetap dianggap "read-only". Alasan utama menyimpannya dinamakan "read-only" adalah karena proses pemrograman ulang (penghapusan dan penulisan) biasanya lambat dan hanya bisa ditulis di tempat-tempat yang ditentukan oleh format.

ROM yang disisipkan ke dalam smartphone akhir-akhir ini jauh lebih cepat daripada hard drive komputer tradisional dan juga disolder langsung ke motherboard. Ada dalam ROM inilah bootloader disimpan (sebuah program yang memulai perangkat dan memuat sistem operasi), serta sistem operasi itu sendiri dan semua data dan aplikasi pengguna.
Sumber: androidpit.com

Itulah pengertian singkat mengenai RAM dan ROM, semoga bisa memberi pencerahan buat anda semua. terimakasih

Iklan Tengah Artikel 1